Kamis, 15 Januari 2015

komponen dasar dari kulkas

Berbicara masalah Kulkas yang memang tidak asing lagi, karena boleh di bilang sudah pasti bukan suatu barang mewah, ada yang menggunakan jenis kulkas satu pintu (alias yang bersalju/berbunga es) dan ada juga yang menggunakan dua pintu atau lebih ( tidak bersalju ). Nah disini kami mencoba untuk berbagi informasi kepada pembaca semua tentang kendala, atau problem apa yang sering kali terjadi pada unit kulkas dua pintu sehingga mengakibatkan tidak dinginnya kulkas tersebut. Dan perlu kita ketahui komponen dasar apa yang ada pada kulkas dua pintu dan sedikit cara penanggulangannya:

1- Thermo-Fuse terletak / menempel langsung di Evapurator kulkas. Cek pada pintu atas kebanyakan Evapurator saat ini, cabut kedua ujung kabel Thermo-fuse tersebut kemudian hubungkan pada pada multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, jika pada jarum multytester bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti komponen Themo-fuse masih normal, tetapi jika sebaliknya jika jarum multytester tidak bergerak naik sama sekali itu sama dengan rusak segera ganti yang baru.



2- Timer Kulkas ini terletak di berbagai macam tempat, seperti di samping Compressor kulkas dan juga ada yang di dalam pintu bawah kulkas berbarengan dengan Thermostart Lampu penerangan kulkas. Kalau mau cek kondisi komponen tersebut silahkan lepaskan ke empat kabel yang terhubung dan satu hal jangan lupa beri tanda / label pada kabel satu persatu, di maksud adalah untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pada body Timer kulkas terdapat angka 1-2-3-4, pada kebanyakan Timer kulkas 1 dan 3 adalah untuk arus motor rotary ( berputarnya motor Timer ), silahkan Anda test kaki yang nomor 1 dan 3 dengan menggunakan multytester (gunakan skala x10 ohm atau x100 ohm) dan jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti kumparan motor Timer tidak rusak, setelah itu silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Timer yang nomor 1 dan 3 ke Arus listrik langsung (220 volt) kemudian lihat di body Timer tersebut sebuah kotakan kecil transparan di maksud adalah untuk melihat putaran roda bergigi, dan jika masih berputar berarti Timer kulkas tersebut masih bisa di pakai tetapi kalau tidak berputar berarti minta ganti yang baru.



3- Thermo Defrost terletak pada Evapurator kulkas, Lepaskan kedua ujung kabel tersebut kemudian taruh pada kulkas lain yang masih menyala atau di gunakan dan letakan di suhu minus / preezer kulkas kemudian tinggalkan barang beberapa menit (kurang lebih 5 s/d 10 menit. Jika sudah lalu test kedua ujung kabel tersebut dengan kedua ujung stik multitester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, kalau jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti masih normal / berfungsi, tetapi jika jarum tidak bergerak sama sekali berarti Komponen tersebut sudah rusak, ganti dengan yang baru.


4- Motor Fan ini tersimpan di sekitar / area dimana disitu terletak Evapurator kulkas. Lepsakan kabel yang terhubung pada kedua kaki Motor Fan kemudian ambil multytester lalu tempelkan kedua stik multytester tersebut pada dua kaki Motor Fan ( non polaritas ) tersebut, gunakan skala x10 ohm, jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti Kumparan (coil ) tidak rusak/terbakar ( motor Fan masih berfungsi atau berputar ). Kalau Anda masih sangsi silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Motor fan tersebut dengan Arus listrik 220 volt, Jika tidak berputar itu berarti Motor Fan macet, silahkan Anda ganti dengan yang baru.


5- Strainer atau Filter kulkas, ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).



5- Strainer atau Filter kulkas, ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).

BIMETAL/DEFROST THERMOSTAT



Alat ini fungsi sebenarnya adalah switch/saklar yg bekerja berdasarkan suhu . Umumnya dilindungi pelastik tebal yang dpres agar kedap air dan menempel pada evaporator bagian atas.. Saat evaporator cukup dingin kedua kabel pada bimetal tersambung mensuply tegangan secara langsung ke heater. Namun heater baru bekerja apabila timer sudah pada posisi defrost. Saat proses ini motor timer dan compressor tidak bekerja . Setelah bunga es pada evaporator mencair barulah koneksi kedua kabel pada bimetal secara otomatis terputus lalu timer kembali bekerja untuk menghidupkan compressor.






Penyebab kerusakan kulkas 2 pintu
Lemari es  2 pintu atau biasa di sebut dengan kulkas tanpa bunga es (no frost) ini kini makin banyak di gemari orang pada lemari es jenis ini dapat mendinginkan makanan dan minuman ataupun sayur mayur yang  di dalamnya akan menjadi lebih segar, di samping itu model no frost ini tidak akan membentuk bunga es , lain halnya dengan kulkas 1 pintu yang selalu terjadi penumpukan bunga es, sehingga pada saat mengambil es batu ataupun makanan akan mejadi sukar sekali di ambilnya karena lengket oleh bunga es tersebut, bahkan kadangkala evaporator kulkas ini bisa bocor karena terkena tusukan benda tajam.

Beberapa hal yang kerap kali menjadi masalah pada kulkas no frost ini adalah antara lain terjadinya bunga es pada evaporator kulkas yang menyebabkan kulkas tidak dapat menyegarkan isi di dalam kulkas tersebut.

Hal ini di sebabkan karena :

1.     Heater tidak berfungsi dengan baik (rusak), Jika hetaer mengalami kerusakan maka bunga es yang sudah terbentuk pada evaporator kulkas tidak akan dapat mencair.

2.     Timer kulkas sudah rusak, Timer kulkas ini yang yang menghubungkan kompresorbekerja  dan heater bekerja (silih berganti)

3.     Kipas evaporator mati, Jika kipas evaporator ini rusak bisa juga menyebakan kulkas menjadi  tidak dingin karena evaporator yang sudah dingin tidak di hembuskan ke dalam  kulkas  oleh kipas ini sehingga lama kelamaan akan terbentuk bunga  es.
Satu sama lain perangkat kulkas tersebut saling berkaitan, jadi jika kulkas anda mengalami gejala tersebut segeralah periksakan beberapa spare part tersebut diatas.


Cara Merawat kulkas
Kulkas bin Lemari es yang hampir setiap orang memilikinya adalah benda yang wujudnya seperti lemari tetapi bisa dingin, ini di gunakan oleh sebagian orang untuk menyimpan sekaligus mendinginkan makanan, minuman, sayuran dll ataupun juga bisa mengawetkan makanan. Agar kulkas kita bisa awet dan bertahan lama tentulah perlu di lakukan kiat-kiat tersendiri dalam merawat kulkas seperti halnya dalam Perawatan AC, seperti :
Peletakan kulkas jangan terlalu menempel pada dinding berilah jarak minimal 10 -15 cm
Penempatan kulkas jangan di tempat yang terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya letakan di tempat yang sejuk.
Masukan barang - barang secukupnya agar beban kerja kompresor tidak berat jangan memasukan barang terlalu berlebihan.
Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama
Setting temperatur kulkas sesuai kebutuhan
Bersihkan kulkas secara rutin baik bagian dalam kulkas juga bagian luarnya, jangan membersihkan bunga es pada pada frezzer nya dengan benda tajam *cukup tekan tombol defroze saja* lama kelamaan es akan mencair (buat yang kulkas satu pintu).
Jangan menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.
Pergunakanlah Start volt ataupun Auto Voltage Regulator untuk menjaga aliran listrik yang naik turun (karena dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor kulkas)
Bersihkan lubang saluran air pada kulkas (sering kali mampet) jadi banjir kulkasnya.
Matikan kulkas bila hendak di tinggal terlalu lama *Mudik lebaran/pulang kampung*.
Semoga saja lemari es anda semua di jamin bakalan awet dan tahan






9 komentar:

  1. Trimaksih gan sangat detail siip.
    Rekan yg butuh jasa servis kulkas ketusuk di kudus,servis mesin cuci ganti modul,dikerjakan ditempat bisa sms 085740258932(area kudus utara)
    Trimaksih admin

    BalasHapus
  2. Trimaksih gan sangat detail siip.
    Rekan yg butuh jasa servis kulkas ketusuk di kudus,servis mesin cuci ganti modul,dikerjakan ditempat bisa sms 085740258932(area kudus utara)
    Trimaksih admin

    BalasHapus
  3. Dulu saya tidak percaya sama bantuan dari paranormal tapi sekarang saya sudah percaya awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan Mbah Budi Hartono atau bisa di bilang dana gaib tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi Mbah Budi Hartono saya minta bantuan pesugihan dana gaib sama beliau dan saya benar-benar sudah membuktikan sendiri saya akui bahwa Mbah Budi Hartono bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makan pun susah alhamdulillah dengan bantuan Mbah Budi Hartono saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik dari pada sebelumnya beliau membantu saya melalui pesugihan dana gaibnya 5m saya sangat berterima kasih kepada Mbah Budi Hartono atas bantuannya dan saya menyapaikan kepada saudarah-saudarah yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi Mbah Budi Hartono di O85 256 077 899 atau buka blog Mbah 
    kunjungi disini -> PESUGIHAN DANA GAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus
  4. Bgus sekali sangat bermanfaat bagi orang awam seperti saya..

    BalasHapus
  5. Boss mohon info klw kompresor frizzer inverter arus nya klw untuk kompresor apa ac klw dc berapa tegangan nya mohon info nya mksh

    BalasHapus
  6. Boss mohon info klw kompresor frizzer inverter arus nya klw untuk kompresor apa ac klw dc berapa tegangan nya mohon info nya mksh

    BalasHapus
  7. Bos klu freeser lg inventernya nga ngonek ke compresor biasanya dimodulnya komponen apa yg mesti diganti boz mksih ya sblmnya

    BalasHapus
  8. Apa fungsi lp pada kulkas inverter yang dekat mesin? Hampir mirip relay yg bundar

    BalasHapus
  9. Boss mohon info klw kompresor frizzer inverter arus nya klw untuk kompresor apa ac klw dc berapa tegangan nya mohon info nya mksh

    BalasHapus

selamat datang MEDI MANIA